Thursday, January 20, 2011

lie to me

Sepertinya tidak berlebihan kalau gue bilang semua orang ingin tampak bagus di mata orang lain. Seringkali kita memakai topeng-topeng yang seolah tercipta sempurna buat kita yang tersedia satu lemari penuh. Satu topeng mewakili setiap perasaan kita akan sesuatu, seseorang, sebuah kondisi. Dengan orang-orang terdekat pun kita terbiasa memasang topeng. Topeng-topeng biasanya mulai terkuak sedikit kalau sudah banyak mengorol, atau sering ketemu. Dan itu 'terbaca' dari perilaku, pemilihan bahasa, mimik, sikap, body language. Well, yang jelas, lemari gue penuh sesak ;D

Tapi lately, seiring perkembangan teknologi, ada facebook, ada blog, ada twitter, dan semua kroni-kroninya, berhati-hatilah, koleksi topeng Anda mungkin mulai agak sering terabaikan. Tanpa disadari, seseorang cenderung 'memperlihatkan' diri mereka sendiri melalui pilihan kata-kata, gaya bahasa, komentar-komentar, kicauan. Ada foto-foto yang diposting, memperlihatkan kedekatan dengan teman-teman, keceriaan, gimana sikap teman-teman terhadap kita. Raut muka, senyum, kerutan-kerutan emosi. Pilihan-pilihan, prinsip, nilai-nilai yang dianut, terlihat dari itu semua.

Pernah nonton Lie To Me? Serial di AXN ini menarik banget. Bisa ketahuan apakah seseorang berbohong atau tidak, tulus menyampaikan senyuman dan ucapan atau bersungut-sungut. Itu bisa kelihatan dari kerut-kerut di sudut mata, dari cara mengangkat alis, gimana kalau kita interesting on something, gimana kalau kita lagi tersipu.

Dulu gue adalah orang yang sering memakai topeng. Sampai sekarang masih, apalagi jika berkaitan dengan tempat baru, orang baru, situasi baru. Pingin terlihat baik, outgoing, keren, cool, gaya, pingin orang-orang punya kesan baik terhadap gue. Tapi kekurangannya adalah, gue ga pintar basa-basi. Padahal bidang kerja gue berkaitan dengan komunikasi. Hummm.. ;p
Alih-alih mau terlihat cool dan disegani (ini salah satu akal gue untuk menyamarkan sifat pemalu gue), gue malah dibilang sombong. Kalau jalan, dagu selalu terangkat tinggi dan gue jarang melihat ke bawah. Hahaha..

But anyways, gue baru saja memperbaharui layout dan design kedua blog gue. Dari situ sebetulnya terlihat what kind of people I am.

Ingin tahu jauh lebih banyak tentang gue?
Bacalah blog ini.

No comments: