Thursday, August 27, 2009

Nyetir dan nyetir

Setelah gue ngelihat tayangan semalam di tv tentang mobil nabrak kuda, gue berpikir bahwa kayaknya orang Indonesia kalau soal nyetir lebih jago. Baca: saking ga pake aturannya, nyetirnya jadi pintar. Hahaha.. Soalnya, sebetulnya mobilnya ga melaju terlalu kencang kok, dan kudanya jelas-jelas ada di tengah jalan, emang si supirnya kaga lihat tuh kuda?

Bicara soal menyetir mobil, sejujurnya gue ga tahu lagi negeri selain Indonesia dimana orang bisa dilegalkan punya SIM tanpa ujian. Orang-orang di Indonesia yang nyetir mobil bisa nyetir mobil tuh dengan belajar sendiri, belajar langsung di arena 'peperangan', betul-betul model nyetir yang naluriah, insting. Bisa ngebut sengebut-ngebutnya dan bisa mendadak ngerem tanpa mencelakakan siapa pun (semoga demikian) dan tetap berhati-hati. Bisa ngambil jalur orang seenaknya (toh mobil di depan masih jauh) dan bisa kembali ke jalur semula setelah nyusul mobil (tanpa kesulitan, cuma kalau ekstrim sih paling deg-degan dikit).

Gue dengan sombong akan mengakui bahwa gue adalah supir yang cukup handal, canggih mungkin, apalagi didikannya di Bandung, yang notabene rebutan jalan ama angkot yang brutal. Gue memacu 160 km/jam di jalan tol (belum kesampaian lebih dari itu), melanggar aturan max. 100 km/jam, menyabot bahu jalan kalau macet, bisa pindah langsung dari lajur kiri ke paling kanan. Bahkan ada istilah gue "lampunya merah muda", alias menerobos lampu merah yang baru saja berubah merah. Bisa juga sambil terima telepon, bahkan texting alias sms! Hahaha..

Gue jadi menyimpulkan, kalau peristiwa kuda itu misalnya terjadi di Indonesia, mungkin tabrakannya tidak terjadi, saking lihainya (dan tanpa aturannya) orang menyetir di Indonesia.

Hahaha.. Parah juga ya Indonesia..

No comments: