Sunday, November 30, 2008

hidung yang malang

Setelah kurang lebih lima tahun lamanya terjebak kecanduan obat - jangan dulu mikir negatif. Ini memang negatif tapi ga sesinting itu - dan merasa bisa gila kalau ga ada obat itu, akhirnya gue berhasil sembuh.

Ini dongeng si obat tetes hidung. Semua temen-temen gue tahu bahwa gue punya kecanduan gila sama obat ini. Gue sampai dibilang pecandu, ngobat, dsb.

Penyakitnya adalah mampet hidung. Sebetulnya gangguan pernapasan ini sudah berlangsung sejak masa sekolah menegah atas, namun pada waktu itu gue abaikan. Ternyata kakak gue punya masalah yang sama, dan setelah berobat ke dokter ia diberikan obat tetes hidung namanya 'Iliadin'. Alesannya, obat tetes hidung merek 'Otrivin' harganya mahal :P Singkat cerita, kakak gue beberapa kali menawarkan obat semprot hidung ini. Dia bilang ampuh banget. Tetapi karena gue pikir gue bisa kecanduan, jadi gue tolak.

Selama beberapa saat, sampai awal masa kuliah, gue ga pernah bisa bernapas normal. Hidung selalu mampet, tapi ga ada ingus. Bukan sinusitis. Parahnya, asupan oksigen ke otak jadi berkurang, dan jadinya kepala suka pusing. Yang paling sengsara adalah waktu tidur. Satu-satunya cara adalah napas lewat mulut. Ini juga bikin sakit tenggorokan. Serba salah.

Sampai suatu waktu gue menyerah dan nyobain obat semprot hidung ini. Hasilnya? WOW! Untuk pertama kalinya sejak sekian tahun, akhirnya gue betul-betul bisa napas!

Dan inilah yang memulai perjalanan gue sebagai 'pemakai'. Satu botol cukup untuk 10 hari, dan dalam sehari gue pakai 3-4 kali. Padahal jelas-jelas di petunjuk pemakaiannya, ga boleh sering-sering. Tapi ya gimana? Wong jadi enak napas..

Berbagai advis disampaikan supaya gue pakai cara ini, cara itu, supaya gue bisa berhenti pakai obat dan sembuh. Kadang-kadang kepikiran ngeri juga kalau gue dihadapkan pada situasi dimana gue ga bisa buka mulut tapi hidung ga bisa napas?? Hiii.. Belum lagi kalau akhirnya jadi kebal karena sering pakai, plus kerusakan yang mungkin terjadi gara-gara tingkat pemakaian yang tinggi?

Malas dan alasan ga ada waktu jadi senjata gue untuk ga pergi memeriksakan diri. Toh, gue pikir, gue udah menemukan penyelesaiannya. Si Iliadin obat semprot hidung itu.

Sampai suatu hari seseorang menyatakan keberatannya kalau gue pakai obat itu. At least saat bersama dia, gue ga boleh pakai. Demi kebaikan gue sendiri, dia bilang. Secara halus - dan akhirnya keras - dia memaksa gue periksa ke dokter. Akhirnya satu hari gue pergi ke dokter. Si dokter mendiagnosa alergi kelembaban, rhinitis alergi. Sedaftar resep obat untuk satu minggu pun dibuat.

Dan setelah satu minggu? Gue sembuh... Ga ada lagi obat hidung. Sembuh total. Hanya, gue harus betul-betul jaga kebersihan lingkungan gue. Ga boleh ada debu, kamar harus dijaga ga lembab.

Hmm.. Yang penting, gue sehat! Hore!

11 comments:

Anonymous said...

ciiieeeeee...jadi karena seseorang lu mau juga periksa ke dokter ya neng??congrats yaa..ga usah semprot2 lagi deh..si dia membawa hal2 positif buat lu ya :-D

JR said...

hihihihihi.. jadi malu :P

Lia Marpaung said...

dikasih obat apa joyce ? gue juga rhinitis alergic. terutama kalau debu dan perubahan suhu [dari dingin ke panas, ato sebaliknya]. biasanya kalau pagi, dan tanda2nya leher gue suka merah2 padahal bukan abis di ehm...hehehe...waktu di papua sering banget kambuh...bisa satu hari menghabiskan satu box tissue. tapi setelah balik jkt, malah berkurang...dan sekarang makin jarang...dan gue ga pernah minum obat, duluu aja sekali pernah di fisiotherapy alias dipanaskan hidung gue...tapi tetap adja ga ampuh...

mungkin balik jkt dan berdekatan dengan hubby dan keluarga, membuat gue semakin "baik" hehehe ini alergi atau gatel pengen kekeupan yaa ??? hehehe....

JR said...

nah, kalo gue rasa sih lo mah termasuk yg terakhir Li. hahahaha.. masalahnya kan daku blum ada yg 'ngeukeupan', jadi lamaaaaa sembuhnya. hahaha..

iya, dulu waktu kita masih ngantor kan lo pernah bilang. tnyata gue emang alerginya sama kayak lo. tapi gue ga pake gatel2 atau ingusan gitu Li (maap jorok :P), mampet total. dikasi obat telen 2 macam.. kalo lo mau coba, ntar gue kasitau namanya..

Lucky said...

Halo Joyce,

Selamat yah ud sembuh, saya punya keluhan yg sama (rhinitis) dan ketergantungan dgn otrivin, tolong infonya dong Joyce berobat kedokter siapa (alamat prakteknya),
saya ud kebeberapa dokter THT & 2 kali operasi & tidak ada hasilnya.

Thanks informasinya.
Tuhan memberkati.

Lucky.

JR said...

Halo Lucky, salam kenal..
Wah sayang Lucky ga mencantumkan alamat email (supaya bisa cerita lbh detil), jadi balesnya di sini aja yah.

Dokternya bilang apa waktu itu? Aku sih dibilangnya harus jaga lingkungan jangan berdebu dan jangan lembab (kalo di daerah yg kering, mampetku biasanya berkurang). Benar2 murni alergi, dan ga usah diselesaikan dgn operasi. Serem juga yah kalo sampe operasi 2x dan belum berhasil juga..

Dokternya Dr. Zainal Asnam, prakteknya di RS THT Proklamasi. Dikasih obatnya Telfast dan Xyzal (oral) dan sebagai pendukung dikasih obat semprot Nasonex (hanya boleh maksimal 1x sehari, malam) tapi aku juga ga pernah pakai Nasonexnya.

Dicoba aja ke tempat prakteknya dulu, jgn minum obatnya dulu, jgn2 ga cocok :P

Semoga bisa membantu ya!
God bless you too!

Adle said...

Ya ampun, saya baru memu blog ini... Wah, kalo lihat tanda-tanda sakitnya, mampet total tanpa ada ingus, dll, sepertinya saya juga menderita rhinitis nih. Sebetulnya dulu, saya nggak masalah, trus pas udah mulai pindah ke daerah dingin, dan stay disitu, bener-bener mampet total hidung, malah mulaid ari sore udah mampet. Saya juga pake Iliadin. Hmm...oke deh, saya coba ke doktermu ya. Moga-moga saya berhasil. Wismilak ya!

JR said...

Hai Adle,

senang bisa berbagi..
dicoba aja ke dokter itu, aku sih sejak itu (kira2 udah 3 taun kali ya..) ga pernah kambuh sama sekali.

memang kalau di daerah yg agak dingin dan lembab, sedikiiiit banget agak 'ga lancar', tapi ga signifikan. biasanya sih aku cuekin aja.

good luck ya :)

Anonymous said...

Boleh tahu nama dan alamat dokternya krn aku juga menderita Rhinitis akut . Thx.

djon_jp@yahoo.com

JR said...

Halo..
Nama dokternya Zainal Asnam. Setau saya sih dia masih praktek di RS THT Proklamasi.. Dulu sih saya berobat sama dia ke sana.

Semoga berhasil :)

Dhisme said...

Halo mbak.. Kira2 obt.a djual bebas gx? Tanpa hrz resep dokter gtu?