Saturday, March 8, 2008

Berubah..!

Berubah!
Inget Sailormoon jaman SMP dulu, dari yang awalnya Usagi Tsukino yang bodoh n tulalit menjadi Sailormoon yang “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!” Tapi gue lebih suka si Sailor Jupiter yang cool abis itu.. Gue lupa siapa namanya. Pokoknya dia tomboy abis dweh..

Ngomong2 berubah, gue baru ngeh gue berubah setelah baca blog temen gue. Selama ini gue berpikir ini hanya satu dari fase hidup gue, sisi2 yang jarang atau ga pernah muncul. Tapi pas gue baca itu, gue tersentak.

Membaca postingan temen gue itu, gue sendiri ga nyangka bahwa gue udah sedemikian berubah. Orang yg di tulis itu seperti bukan gue. Di tulisan itu org ini cewek banget, cewek yang manis dan lembut hati, so sensitive, so unfocused, so ‘I would do anything for love’… Pokoknya so girly. Sangat bukan gue yg rusuh, berangasan, nyolot, ga sabaran :P

a. Berbunga2 krn seseorang mau merencanakan masa depan dengan gue. Dulu? Please. Gue ngeri kalo waktu yg masih cukup awal ada yg udah ngomongin masa depan. Gue ga mau terikat. Ga ada yg ngalahin kemerdekaan menjadi seorang single. Ga ada yg marahin kalo pulang kemaleman, ga ada yg marahin kalo gue makan es di saat gue sakit flu. Suka2 gue aja.. Wonderful life it was. Sekarang? Dengan senang hati gue diomelin, ‘lapor’ ngapain aja gue hari ini, dipaksa pulang sore2, dsb.


b. Memilih berjuang dan tinggal untuk orang ini segila apapun masalah yang menderanya yg mgkn dibuatnya sendiri. Dulu? Salah sendiri! Lagian ga pake mikir sih. Apalagi dengan masalah kayak gitu. Dulu? Ya udah kalo lo ga mau ketemu gue lagi! Gue ilfil! Sekarang? Gue akan berusaha sebisanya untuk ada buat dia. Bodoh? Mungkin.. I was smarter back then, tapi gue toh memilih menjadi ‘bodoh’.

c. Gue pernah bilang, “Action speaks better than words...Really?” Di sana gue menekankan pentingnya statement, sebuah kepastian, supaya jangan kita sampe terbuai oleh perbuatan2 tanpa tahu ada apa sebenarnya. Sekarang? Dia melakukan sejuta hal yang bahkan jauh lebih baik daripada kata2, perbuatan2 yg nyata2 mengatakan sesuatu, dan gue bahkan sempet mempertanyakan pentingnya pernyataan status.

Tapi gue ga keberatan berubah. Karena perubahan ini menurut gue at least membuat gue belajar menjadi orang yg lebih baik. Perubahan adalah baik; orang yang ga berubahlah yg ga mau memperbaiki diri. Waktu chatting, seorang temen nanya apakah dia berubah? Menurut gue, mgkn karena gue sering berinteraksi dengan dia, tanpa sadar gue terus beradaptasi dengan perubahan2nya.

Pengalaman hidup membuat orang berubah.. Seperti yg dialami temen gue di Jepang sana. Memilih untuk hidup dan memulai segalanya hampir praktis dari dasar lagi. Perasaan di hati membuat orang berubah.. Seperti yang gue alamin. Pekerjaan dan hidup di tengah2 masyarakat membuat orang berubah.. Seperti yang sebagian dari kita alamin. Ada yg jadi makin ambisius in a good way, ada yang makin luas pandangan2nya, ada yang makin idealis menjalani kehidupan karirnya. Buat gue skarang 3 hal itu yg bisa mengubah seseorang. Kesemuanya baik.. Membuat org makin bijak. Kalo merasa belum berubah? Cari dong perubahannya! Jangan di dunia itu2 melulu!

So… let’s change! It’s good anyway!

No comments: