Friday, March 14, 2008

Keberanian


"I wanted you to see what real courage is, instead of getting the idea that courage is a man with a gun in his hand. It's when you know you're licked before you begin but you begin anyway and you see it through no matter what. You rarely win, but sometimes you do."


Kutipan ini diambil dari novel 'To Kill A Mockingbird' karya Harper Lee yang dipublikasiin 1960. Novel ini menang perhargaan Pulitzer, dan mengangkat isu rasisme di Amerika.


Anyway, gue terkesan dengan kutipan ini, yang kurang lebih berkata bahwa keberanian adalah di kala kita tahu bahwa kita mungkin akan kalah bahkan sebelum kita memulai, tapi kita tetap memulainya. Sekali waktu gue pernah posting ini di blog dengan judul "Quote of The Day".


Seringkali kita takut untuk melangkah atau melakukan sesuatu hal karena takut berhadapan dengan resiko atau takut gagal. Padahal bisa aja hasilnya sepadan (kalo berhasil, ya. Toh kalo gagal pun berarti kita bisa mengukur kekuatan kita sampe mana dan belajar untuk lebih baik lagi, tul?). Atau bisa juga entah malas, atau takut, keluar dari area nyaman kita. Takut keadaan di luar sana malah lebih buruk. Takut keadaan kita ga seenak sekarang, takut orang2nya ga enak, malas untuk memulai lagi, malas untuk beradaptasi lagi dengan hal baru, takut dengan kemampuan kita sendiri alias muncul pertanyaan2 seperti "Aduh, gue bisa ga ya?" atau "Aduh, gue sih ga bisa kayak gitu2!" atau "Aduh, mana ngerti gue dengan hal2 itu?"


Wajar kok kalo muncul pertanyaan2 seperti itu atau kekuatiran2 lainnya di atas itu, tapi beranikah kita untuk terus maju, melawannya dan menjawab pertanyaan2 itu, bukannya mentok sampe sebatas pertanyaan itu aja?

No comments: