Sunday, January 13, 2008

Alone is not lonely!

Gue pernah baca di beberapa majalah dan buku psikologi populer terapan, bahwa orang seperti gue adalah orang yang selain senang dikelilingi banyak orang dan make friends, namun juga seseorang yang pada waktu2 tertentu senang menikmati waktu untuk diri sendiri. I mean alone, is alone, not being lonely. Sendiri, tapi bukan kesepian. Mungkin ini juga yang membuat buku2 itu kemudian berkata bahwa gue adalah orang yang menghindari komitmen. Takut? Rasa2nya ngga. Tapi gue sendiri ga pernah berpikir sejauh itu, apakah gue emang menghindari komitmen atau ngga. Yang jelas gue adalah pribadi yang sangat independen dan merdeka sebenar2nya :)

Kok jadi curhat? Ngelantur.

Anyway, Selasa lalu, gue di Bandung. Entah kenapa, tiba2 aja gue pengen pergi jalan2. Jalan kaki, sendirian. Pas kebetulan gue juga mau sekalian beli obat di apotek deket rumah. So, berbekal uang seadanya dan iPod yang disetel kenceng, gue pergilah jalan2.

Setelah dari apotek, gue berpikir untuk pulang lewat jalan yang berbeda. Jadi gue pulang lewat jalan Dago. Masih dengan jalan kaki (emang niatnya mau jalan kaki). Setelah kira2 500m, tiba2 terbersit keinginan untuk jalan ke Gedung Sate, which means balik lagi lewat jalan yg udah dilewati tadi!

Tiba2 aja, ga kerasa, mungkin karena cuaca yang sangat friendly dan terbuai iPod, gue nyampe Gedung Sate. Untuk pertama kalinya mungkin sejak 20 tahun lalu, saat gue masih sangat kanak2, gue masuk Gedung Sate lewat gerbang depan.

Kaki gue membawa gue ke halaman belakangnya yang sangat asri, dan rumputnya ternyata boleh didudukin. Di halaman rumput luas itu, ada naungan2 yang ditumbuhin sulur2 bunga liar untuk berteduh, dan setelah nemuin tempat yang menurut gue paling asik, gue melepas sendal dan duduk di rumput, dinaungi salah satu rambatan sulur2 itu.

It was one of the most wonderful and loveliest times I ever have.

Selama satu jam lebih, di sana gue cuman duduk dan memandang ke kejauhan, sambil denger lagu2 yang enak di hati. Matahari betul2 cerah, and all were very relaxing. Gue tarik napas panjang, merenungi dan mensyukuri apa yang tengah terjadi sama gue pada saat itu. Gue bener2 menikmati saat itu. Gue sendirian, tapi gue ga kesepian. I felt content. Fulfilled.

Betul2 indah dan manis.
Enjoying time alone is lovely.
Enjoying it by myself was wonderful.
Enjoying it with 'someone' would be indescribable, tidak terlukiskan dengan kata2.

Wishing you were there :)

3 comments:

Anonymous said...

mustinya elo ngajak2 gue doonk, joyce.... hehehe....sekarang kita bisa bebas janjian lunch tanpa terikat jam .....hahahaha...nice reading, Joyce !

JR said...

wah ga nyangka ternyata lo baca blog gue juga bu! thanks yak :)

ditunggu kehadirannya segera di alam bebas lho Li :)

Anonymous said...

mulai besok gue udah bisa ditemui di "alam bebas" kok, darlin...dan of course, am a reader of your nice blog, darlin ! Keep writing yaa....