Friday, May 2, 2008

Facing your giants

Karena pengalaman dan cobaan berat yang dialaminya, seseorang mendorong dan mereferensikan ke gue sebuah buku karya Max Lucado, seorang Amerika, pendeta dan penulis buku2 kristiani. "Kamu udah pernah baca buku ini?" Dia mengangsurkan buku judulnya "Facing Your Giants". Dan serta-merta gue tersenyum, karena beberapa waktu yang lalu gue pernah mengangkat topik ini di blog, judulnya Siap atau tidak..

Buku ini inspirasional banget buat gue.

Setelah kemudian gue akhirnya membeli beberapa lagi buku karya Max Lucado ini, yang mana kemudian gue koleksi, sedikit banyak gue bisa melihat apa yang hendak disampaikan sama dia. Buku-bukunya terutama memang ditujukan untuk orang-orang yang mengalami pencobaan, pergumulan batin dan iman, baik yang berasal dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya sendiri. Itulah 'raksasa-raksasa' yang dimaksud.

Buku ini penuh penghiburan, selain petunjuk-petunjuk yang dipedomani oleh Alkitab tentang gimana selanjutnya kita mau berbuat, apa yang bisa kita lakukan, what next. Gimana caranya kita mau move on, berdamai dengan diri sendiri, keluar dari kubangan masa lalu dan dosa. Buku ini juga menulis berita pengampunan dari Dia, anugerah dan berkat yang berlipat-lipat yang membanjiri kita yang sering tidak kita sadari dan syukuri. Yang penting kita mau percaya dan berserah, membiarkan Dia membentuk kita, mengukir, memahat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Untuk yang merasa tidak sedang dalam pencobaan, kalimat-kalimat, ayat-ayat dan ilustrasi-ilustrasi yang dituangkan dalam buku ini bermaksud mengajar, mengantisipasi, memberi petunjuk, membangun iman percaya, atau bahkan tidak disangka-sangka, teguran bagi yang tidak menyadari. Atau juga, seperti yang seringkali gue alamin, tiba-tiba aja, "Oh! Ini ternyata. Ini jawabannya, jawaban dari pertanyaan gue selama ini, respon Dia dari doa gue selama ini."

Hebat bukan, cara Dia bicara melalui buku, teman, keadaan, apapun? :)

2 comments:

Lia Marpaung said...

sounds interesting book...jadi pengen cari...atau elo mau ngasih gue, joyce ? hehehe

Anonymous said...

buku yang bagus..