Wednesday, January 17, 2007

The first three days

What a first three days at my new office..

Hari pertama gue bangun pagi, jam 5, dengan semangat! Thinking about starting a new day, a brand new life! Padahal malemnya baru pulang resepsi pernikahan adiknya Gaby di Shangrila. Pulangnya naik taxi, nunggunya sama si dagu, masa dia tadinya mau naek Silver Bird?? Pleaseeee?

Anyway, hari pertama di kantor dimulai dengan lebih banyak bengongnya, karena gue belum tau musti ngerjain apa. Gue lebih banyak nanya, dan kalo keliatan nganggur, baru deh dikasi kerjaan. Hehehe..
Reza ga masuk karena sakit, kabarnya dia takutnya kena flu burung karena udah dari beberapa hari yang lalu demam dan ga enak badan. Dibawa ke UGD (??), dikasi obat, pas diminum, malah jadi bengkak2 gara2 alergi! Ya ampyun..Badan aja yang gede.. :)
Jadi sementara gue belum punya meja n komputer, gue pake punyanya dia.

Jadi di hari pertama gue belajar gimana caranya mulai ngetrack artikel, untuk klien apa aja, karena tiap klien punya media list yang berbeda. Setelah ngetrack artikel, belajar gmn bikin post-itnya.
Oke.
Lalu gue belajar pake programnya, namanya Gauge. Ternyata si Gauge ini untuk bikin summarynya. All summaries should be written in English, kecuali untuk satu klien, minta Indonesia aja. Dan ga semua klien pake Gauge, ada yg maunya di Word aja.
Oke.
Lalu berikutnya gue belajar bikin headline. Bikin headline ini, dari semua artikel yang udah ditrack tadi, gue masukin judulnya aja, plus ditranspose jadi English, dan tentunya judul publikasinya, halamannya n reporternya. Nanti si headline yg udah gue buat itu diedit sama editor.
Oke.

Sementara ini gue masih dikasi koran daerah yg belum terlalu banyak beritanya. Ohya, trus kalo dari koran yg udh ditrack itu ada atau ngga ada beritanya, ada caranya juga buat treatmentnya. Setelah korannya ditrack dan udah ditandain, koran itu dikasi ke depan untuk difotokopi sama OB. Nanti artikel2 itu disort dan masuk ke tray masing2. Nah waktu hari pertama itu gue blm ngerti tuh. Semua yg udah diterangin ke gue sama mentor gue, masuk kuping kiri keluar kanan, dan gue baru "ooooooohhh" setelah gue kerjain n gue ngerti.

Oke.
Menjelang agak siang, tiba2 bos gue rusuh, gara2 salah satu klien besar kita ternyata ada di magz tp ga ketrack, sementara si klien itu deadlinenya udah lewat. Mereka alert ke kita, which means a warning.
Tiba2 aja gue dipanggil, nah gue suruh ngerjain artikel itu!
Omigod! Secara bikin summary aja gue belum fasih n belum bisa bener!
Jadi dengan tekad bulat gue baca tuh artikel dan mulai bikin summarynya. Namanya artikel ekonomi, yah of course gue masukin dong semua term yg related!
Karena setelah sekian lama gue ga selesai2, akhirnya si bos gue ini nyamperin gue, dan begitu dia liat summary gue (yg masih dikerjain), dia teriak donggggg......N ngomel2in gue tentang betapa panjangnya summary yg gue bikin, ini sih sama dengan full translation, etc, etc...Anjrittt, gue sebel banget. Entah sebelnya karena begonya gue atau sama dia yg sama anak baru udah ngasi artikel besar macem itu.
Pokoknya gue keseeeeeeelllllll banget, dan akhirnya summary gue itu gue potong di sana-sini sampe akhirnya jadi pendek. Gue berhasil negrjain sih, tapi dongkol itu tetep ada.

Siangnya gue diajak makan sama temen2 baru gue. Mereka asik2, ga ngeselin, dan sebagian besar seumur dengan gue. Nah sambil makan itu akhirnya gue nanya2 tentang kantor, sistem kerja, day-off etc.

Hari pertama berlalu dengan...yah gitu deh, kecuali dongkolnya itu yg masi blm bisa ilang. Pas pulang n sempet tidur sampe kebawa mimpi dan nyaris putus asa mikirin mau ngantor besoknya. Tapi toh ya namanya jg baru hari pertama, masih belajar, masih asing --menghibur diri ceritanya. Gue bertekad hari kedua harus lebih baik lagi.

Masuk hari kedua. Gue dateng pertama dong :)
Mulai ngetrack koran2 lagi, dan kerjaan2 yg sama dengan hari pertama. Gue belum megang klien, masih memperbantukan yg lain. Masih megang koran daerah.
Then suddenly...I got my first article! Hari pertama kmaren dari semua koran yg gue track ga ada satupun artikel muncul. Can you imagine how happy I was? Hahaha...Jadi gue beneran deh belajar caranya nulis post-it dan nempelin :D Senangnya...
Hari kedua juga gue mulai bandel pake internet kantor. Hehehe...
Gue juga belajar masukin headline yg udh diedit ke Gauge. Sebenernya gue ngerjain yg punya si ujang gara2 dia ga masuk.
Second day goes so well..

Third day. Gue dateng ga pertama lagi. Hehehe..
Sama lagi kayak hari sebelumnya, kali ini gue udah dipercaya megang koran besar, dan gue harus hati2 banget ngetracknya jgn sampe ada yang kelewat. Banyak bangeeeettt gue dapet artikel, tapi gue masih belajar mana yg harus masuk mana yg ngga, buat klien apa aja, karena selain untuk klien kita juga harus ngetrack artikel competitorsnya. Ada miss article beberapa bo..Huhuhu....Kena tegur deh..
Lalu gue masukin headline hari itu untuk satu klien.
You know what?
My editor came to me and said, "Joyce, you did very good." Haiiiiiiiyyyyyyyaaaaaaaaaahhhhh! Berarti bahasa Inggris gue hari ini sempurna!

No comments: